« Home 

Tuesday, January 03, 2006 

Tes Kasek SD Kab. Boyolali Jadi Acuan Jateng

BOYOLALI - Tes calon kepala sekolah (kasek) yang berlangsung selama dua kali di Kabupaten Boyolali, akan dijadikan acuan di Provinsi Jateng.
Dengan demikian, semua kabupaten/kota di Jateng diharapkan melakukan tes kepada semua guru SD-SMU, sebelum mereka diangkat sebagai kepala sekolah. Selama ini, hanya beberapa kabupaten/kota yang melaksanakan tes seperti itu.
''Tes kepala sekolah itu dijamin bersih; bebas KKN dan tak ada titipan,'' kata Kasi Kajian Mutu Pendidikan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jateng, Tartib Supriyadi, kemarin.
Tes kali pertama berlangsung 11 Desember 2004, diikuti 56 orang, terdiri atas 41 guru SMP dan 15 guru SMA. Tes kedua berlangsung 22 dan 24 Januari, diikuti 86 guru SD dan 53 calon pengawas TK/SD/SDLB.
Tes calon kepala sekolah, lanjut Tartib, mengacu kepada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional 16/U/2003 tentang pedoman penugasan guru sebagai kasek.
Materi tes terdiri atas kecerdasan, sikap, kepribadian, dan profesionalisme. Hasil tes itu sangat menentukan sekali untuk dipromosikan sebagai kasek.
Selain itu, dari hasil tes tersebut akan diketahui 14 watak atau karakter setiap manusia. Tingkat emosi, potensi kerja, perilaku, dan lain-lain. Dengan demikian, peserta yang akan dipromosikan sudah diketaui karakternya melalui hasil tes.
''Jadi itu merupakan tes standar yang sudah dibakukan, baik untuk ukuran nasional maupun Internasional,'' katanya.
Disposisi
Tartib mengatakan, seleksi tes berlangsung cepat dan akurat. Dalam tempo satu sampai dua jam, pihaknya sudah mampu mengoreski, untuk selanjutnya diserahkan kepada bupati.
Dengan hasil tes itu, bupati tinggal mempromosikan atau mengangkat peserta tes sebagai kasek. Hasil koreksi tidak hanya menyangkut nilai, tetapi juga rekomendasi (dari pihaknya).
Di antaranya, amat layak, layak, cukup layak, kurang layak, dan tidak layak. Dengan demikian, bupati tinggal mengacu kepada hasil rekomendasi dan pertimbangan di luar tes administrasi. (shj-85a)

About me

  • I'm Lembaga Penjaminan Mutu
  • From Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan
My profile

Previous posts

Powered by LPMP
and Abimanyu